Tentang Kami

Yayasan WAYANG UKUR Sukasman berdiri pada 15 Febuari 2018. Lembaga ini didirikan dengan tujuan untuk merawat dan mengembangkan Wayang Ukur warisan Sukasman supaya dapat bermanfaat bagi kepentingan publik. Dengan mewarisi semangat eksplorasi lintas disiplin, Yayasan WAYANG UKUR Sukasman bermitra dengan individu dan komunitas yang berkomitmen untuk mengembangkan wayang sebagai media ekspresi yang inspiratif, menghibur dan mendidik.

Apa yang Kami Kerjakan

Kami menjalin kemitraan dengan individu dan komunitas yang berkomitmen untuk mengembangkan wayang. Kami merawat warisan Sukasman, menjaga dan memperbaiki karyanya yang rusak, serta mendigitalisasi catatan-catatan pikirannya. Kami melakukan pembacaan atas karya dan catatan-catatan tersebut untuk kemudian dikembangkan menjadi program-program edukasi yang bermanfaat. Kami mendorong upaya penciptaan inovasi-inovasi yang dapat memberi nilai tambah pada keindahan wayang.

Previous
Next

Bagaimana Kami Memulai

Sepuluh tahun setelah meninggalnya Sukasman pada Oktober 2009, Wayang Ukur nyaris dilupakan orang. Kegiatan kreatif di Pondok Seni Wayang Ukur yang sebelumnya tidak pernah berhenti pun, kini sudah tidak terdengar lagi. Bahkan kondisi Pondok Seni Wayang Ukur yang menyimpan lebih dari 5000 gambar wayang, lebih dari 700 karakter wayang gubahan, 15 karya patung dan 33 karya relief wayang, serta bertumpuk catatan pikiran dan keluh kesah Sukasman, kondisinya pun telah makin memprihatinkan. Maka jika tidak segera diambil satu tindakan penyelamatan, kita akan kehilangan warisan yang sangat berharga tersebut.

Kemana akan Kami Bawa

Jika Anda tertarik dengan kegiatan kami, dan mau mendukung kami, maka kami dapat segera mewujudkan Museum dan Laboratorium Kreatif Wayang Ukur Sukasman. Dengan adanya Museum ini nantinya, warisan sukasman yang sangat berharga tersebut dapat terawat dengan baik, sehingga dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh publik. Dan dengan adanya laboratorium kreatif ini nantinya, akan muncul ciptaan-ciptaan baru yang dapat memberi nilai tambah pada keindahan wayang yang kita cintai.

Tim Kerja

Proyek pendokumentasian/pengkajian/workshop/pameran/pementasan wayang ukur sukasman dalam platform daring